Konstitusi NRI 1945





Nama : Tuntun Alief Muliadin
NIM : 12183751

A. Konsep dan Urgensi Konstitusi UUD NRI 1945

Konstitusi adalah seperangkat aturan atau hukum yang berisi ketentuan tentang bagaimana pemerintah diatur dan dijalankan. Oleh karena aturan atau hukum yang terdapat dalam konstitusi itu mengatur hal-hal yang amat mendasar dari suatu negara, maka konstitusi dikatakan pula sebagai hukum dasar yang dijadikan pegangan dalam penyelenggaraan suatu negara.

B. Perlunya Konstitusi dalam Kehidupan Berbangsa-Negara Indonesia

Konstitusi diperlukan untuk membatasi kekuasaan pemerintah atau penguasa negara, membagi kekuasaan negara, dan memberi jaminan HAM bagi warga negara.

C. Sumber Historis, Sosiologis, dan Politik tentang Kehidupan Berbangsa Negara Indonesia

Negara Indonesia Dalam arti luas, konstitusi merupakan peraturan, baik tertulis maupun tidak tertulis, yang menentukan bagaimana lembaga negara dibentuk dan dijalankan.

D. Dinamika dan Tantangan Kehidupan Berbangsa-Negara Indonesia

Setelah ditetapkan satu hari setelah proklamasi kemerdekaan, UUD NRI 1945 mulai berlaku sebagai hukum dasar yang mengatur kehidupan  ketatanegaraan Indonesia dengan segala keterbatasannya.

E. Kehidupan Berbangsa-Negara Indonesia

UUD NRI 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia memiliki kedudukan sebagai hukum tertinggi dan hukum dasar negara. Sebagai hukum tertinggi negara, UUD NRI 1945 menduduki posisi paling tinggi dalam jenjang norma hukum di Indonesia. Sebagai hukum dasar, UUD NRI 1945 merupakan sumber hukum bagi pembentukan peraturan perundang undangan di bawahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringkasan PKN Pertemuan 9 - 14

Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Dalam Demokrasi

NEGARA DAN WARGA NEGARA