INTEGRASI NASIONAL

 Konsep dan Urgensi Integrasi Nasional

Dalam mengarungi kehidupannya, sebuah negara-bangsa (nation state) selalu dihadapkan pada upaya bagaimana menyatukan keanekaragaman orang–orang yang  ada di dalamnya agar memiliki rasa persatuan, kehendak untuk bersatu dan secara bersamabersedia membangun kesejahteraan untuk bangsa yang bersangkutan. Oleh  karena itu, bagaimana mungkin suatu negara-bangsa bisa membangun, jika orangorang yang ada di dalam negara tersebut tidak mau bersatu, tidak memiliki perasaan sebagai satu kesatuan dan tidak bersedia mengikatkan diri sebagai satu bangsa. 

Suatu negara-bangsa membutuhkan persatuan untuk bangsanya yang dinamakan  integrasi nasional. Dapat dikatakan bahwa sebuah negara- bangsa yang mampu  membangun integrasi nasionalnya akan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan  bangsa-bangsa yang ada di dalamnya. Integrasi nasional merupakan salah satu tolok  ukur persatuan dan kesatuan bangsa.


Uraian secara berturut-turut sebagai berikut

1. Integrasi bangsa menunjuk pada proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam satu kesatuan wilayah dan dalam suatu pembentukan identitas nasional. 

2. Integrasi wilayah menunjuk pada masalah pembentukan wewenang kekuasaan nasional pusat di atas unit-unit sosial yang lebih kecil yang beranggotakan kelompok kelompok sosial budaya masyarakat tertentu 

3. Integrasi elit massa menunjuk pada masalah penghubungan antara pemerintah dengan yang diperintah.Mendekatkan perbedaan-perbedaan mengenai aspirasi dan nilai pada kelompok elit dan massa. 

4. Integrasi nilai menunjuk pada adanya konsensus terhadap nilai yang minimum yang diperlukan dalam memelihara tertib sosial 

5. Integrasi tingkah laku (perilaku integratif), menunjuk pada penciptaan tingkah laku yang terintegrasi dan `yang diterima demi mencapai tujuan bersama. 


Perlunya Integrasi Nasional

diperlukan hubungan yang ideal antara pemerintah dengan rakyatnya sesuai dengan sistem nilai dan politik yang disepakati. Hal demikian  memerlukan integrasi politik. 

Integrasi diperlukan guna menciptakan kesetiaan baru terhadap identitasidentitas baru yang diciptakan (identitas nasional), misal, bahasa nasional, simbol negara,  semboyan nasional, ideologi nasional, dan sebagainya.


Dinamika itu bisa kita contohkan peristiswa integrasi berdasar 5 (lima) jenis integrasi :

   1. Integrasi Bangsa

   2. Integrasi Wilayah

   3. Integrasi Nilai

   4. Integrasi Elit-massa

   5. Integrasi Tingkah laku (Perilaku Integratif)


Masyarakat yang terintegrasi dengan baik merupakan harapan bagi setiap negara. Sebab integrasi masyarakat merupakan kondisi yang sangat diperlukan bagi negara untuk membangun kejayaan nasional demi mencapai tujuan yang diharapkan. Ketika masyarakat suatu negara senantiasa diwarnai oleh pertentangan atau konflik, maka akan banyak kerugian yang diderita, baik kerugian berupa fisik material seperti kerusakan sarana dan prasarana yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, maupun kerugian mental spiritual seperti perasaan kekhawatiran, cemas, ketakutan, bahkan juga tekanan mental yang berkepanjangan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringkasan PKN Pertemuan 9 - 14

Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara Dalam Demokrasi

NEGARA DAN WARGA NEGARA